Pertolongan Pertama untuk Step pada Anak

Step umumnya terjadi pada anak-anak ketika suhu tubunya tinggi. Step pada anak akan terlihat dari gejalanya, gejala yang timbul dari step adalah tubuh anak tiba-tiba saja tersentak dan kaku, kelojotan dan memutar matanya. Si anak biasanya tidak merespon untuk beberapa saatm nafas akan terganggu, mengelurakan aor liur, muntah dan kulit tampak lebih gelap dari biasanya.

Step merupakan penyakit yang sangat menakutkan bagi seorang ibu, karena jika terus-terusan demam atau sering kejangm maka akan mengganggupada kesehatannya baik itu secara fisik maupun psikis. Saat anak mengalami step, untuk mecegah hal-hal yang tidak diinginkan, disarankan para obu segera mungkin memberikan pertolongan pertama begitu tahu si anak mengalami step. Lalu pertolongan pertama yang seperti apakah itu ? jika para ibu tidak mengetahui pertolongan pertama saat akan mengalami step, berikut ini saya akan memberikan solusinya.
  1. Hal yang paling penting saat anak mengalami step adalah ibu tak boleh panik dan bersikap tenanglah.
  2. Pindahkan anak ke lantai atau kekasur yang luas dan hindari anak dari benda-benda yang bisa membahayakan si anak.
  3. Miringkan kepala anak ke salah satu arah agar memudahkan jika anak mengelurakan cairan dari saluran pernafasan.
  4. Buka atau longgarkanlah baju anak agar si anak tidak kesulitan bernafas.
  5. Saat step, jangan memasukkan apapun pada mulut anak sekalipun itu hanya air putih biasa.
  6. Setelah beberap menit step anak sembuh, biarkan anak berbaring.
  7. Berikan obat penurun demam anak agar step tidak kambuh lagi.
  8. Jika ternyata anak bunda kesulitan bernafas atau kulitnya menjadi agak membiru, maka cepatlah bawa anak anda ke dokter atau ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.
Informasi tambahan yang sangat penring bagi para ibu yang sering melihat anaknya mengalami step atau kejang-kejang yaitu sangatlah penting untuk diperhatikan bahwa ada kemungkinan besar anak anda tidak hanya mengalami kejang sekali. Jadi intinya anak bisa mengalami step kembalau. Oleh karena itu segeralah turunkan demam anak.